21 December 2010

penolakan.

"I'm not good enough for you"
Irfan melontarkan kalimat tersebut pada kekasihnya. Sudah hampir satu tahun dia menjalin hubungan dengan Jennifer, namun karena merasa tidak lagi cocok ia memutuskan untuk mengakhiri hubungan mereka. Nah, tanpa sengaja saya kembali bertemu dengan Irfan. Dan dia pun kembali curcol sama saya soal hubungannya dengan si Jennifer.


Kenapa deh kalimat mutusinnya kaya gitu? Irfan bilang, dia nggak mau nyakitin perasaan Jennifer. Makanya dia berusaha memutuskan Jennifer dengan cara halus.

Hmm *angguk-angguk*
"Kenapa bell? Salah ya? Habis gimana dong? Gw ngomong gitu aja dia udah nangis-nangis ga mau diputusin."
Yah, bukan salah atau benar sih. Gw kepikiran konsep penolakan aja sih tiba-tiba. Kalau kita nolak sesuatu, orang yang kita tolak bakal ngerasa sedih atau senang? Terlebih dalam hubungan (cinta).


Misal, waktu itu si A suka banget sama si B. Tapi si B nggak ada rasa sama sekali untuk si A. Nah, pas si A nembak si B, si B menolak dengan halus permintaan si A untuk menjadikan dirinya sebagai kekasih. Menurut loe, meski si B menolak dengan halus 'tembakan' si A, apa si A nggak bakal sakit hati?

Sempat terpikir mengenai konsep penolakan. Bukankah kata penolakan atau tolak itu sendiri sudah memiliki muatan negatif ya? Jadi bagaimana bisa ada konsep penolakan secara halus? Mau halus atau keras, pastinya orang yang mengalami penolakan akan merasakan sakit hati bukan?

Sekarang loe mutusin si Jennifer dengan kalimat,"I'm not good enough for you". Kenapa loe bilang begitu ke dia setelah satu tahun pacaran? Loe baru sadar, kalo loe nggak cukup baik buat jadi pendamping dia?
"Hmm. Bisa dibilang begitu sih bell. Lagian, gw nggak mau nyakitin perasaan dia juga gitu."
Mau kata loe bilang ke dia kaya gitu. Di mata dia, loe terlihat cukup baik aja loh menurut gw. Kenapa? Soalnya loe pacarnya! Kalian terikat dalam satu relasi cinta dikarenakan kalian merasakan hal yang sama, yaitu, cinta. Saat dia menerima cinta loe, dan loe menerima cinta dia, maka dapat dikatakan kalian berdua menerima satu sama lain. Ketidakcocokan yang ada seharusnya tidak menjadi kendala, karena kalian telah satu sama lain menerima perasaan cinta kalian masing-masing.


Dia nangis kan waktu loe putusin kaya gitu? Yah, karena mungkin dia nggak mau kehilangan loe, dan mungkin juga dia merasa loe sudah cukup baik buat dia. Inget lagi konsep penolakan, mana ada sih nolak tapi nggak bikin sakit hati?
"Jadi mending gimana dong bell? Emang sih dia minta gw berpikir lagi sebelum ambil keputusan final soal hubungan kita."
Well, loe mutusin dia secara halus tanpa kasih alasan yang jelas kan buat dia? Daripada begitu, mending loe putusin dia dengan kasih juga alasan yang jelas, biar clear jadinya. Toh, sama-sama bakal ngerasa sakit hati juga kan dia?


Tapi bukan berarti cinta itu menyetujui konsep sado-masokis ya. Tapi memang cinta itu mengandung banyak ekspresi yang kadang sulit sendiri kita deskripsikan (menurut gw looh). Loe bilang diri loe nggak cukup baik fan buat si Jennifer, apa dia juga ngeliat itu demikian?
"Hmm, nggak tau juga sih bell. Tapi kalo liat dia nangis-nangis gitu pas gw putusin. Berarti gw emang sangat penting dong ya buat dia? Ah, tapi dia kan matre bell!"
Duh, Irfan, mending emang loe putus aja deh kalo menurut gw. Soalnya susah juga nih kalo loe sendiri udah nggak suka sama salah satu sifat dia. Cinta itu menerima apa adanya loh fan. Loe cinta dia karena memang 'cinta' atau karena apa sih emangnya? Sampe sifat matre dia itu bikin loe eneg banget kayanya. Emang sih bakal menguras dompet loe juga kalo begitu.


Gw jadi mempertanyakan konsep cinta bagi loe. Apakah keberadaan si Jennifer ini adalah alasan buat loe terus mengada dalam ruang dan waktu? Apakah dia pelengkap keberadaan loe di dunia ini? Jawabannya sih ada pada loe fan. Gw sendiri juga masih mencari-cari makna cinta buat diri gw. Dan memang lagi tertarik banget mengkaji cinta.
"Hoo begitu. So gimana nih bell? What should i do?"
Jujurlah. Mau apa lagi?

Loe sudah lama tidak jujur dengan perasaan loe ke dia. Loe nggak suka sifat matre dia, tapi loe diem aja. So, sekarang, kalau mau mutusin dia, yah berikan juga alasan yang jujur bukan gantung dan ga jelas.

Duh, fan. Sorry banget nih, gw kurang mempersiapkan diri dengan bahan-bahan mengenai cinta menurut pandanga filsuf-filsuf. Jadinya jawaban konsultasi gw agak dangkal. Hanya hasil berpikir gw doang waktu lagi dapet inspirasi di kamar mandi.
"Oh, nggak apa-apa bell. Gw malah dapet pencerahan juga kok diskusi sama loe."
Jadi loe mutusin si Jennifer?

"Ntar gw pikir-pikir lagi deh bell. Gw belum siap kalo harus jujur soal alasan mutusin dia."
Lah begimane deh?! Ntar dompet loe jebol loh!

"Gw belum siap bell, nyakitin perasaan dia.."
Errrr. Kalo kata Oscar Wilde nih, "The heart was made to be broken."

Jadi siap-nggak-siap, itu tergantung sama kita-nya, karena hati kita memang dibentuk untuk mengalami situasi apapun dan seperti apapun. #ngalorngidul

Udah dulu ya fan, gw lagi random banget nih.
Hati gw berasa habis kena bazooka.
Bolong, kosong, melompong.
Mau nge-galau dulu deh.
Gw doakan yang terbaik deh buat loe dan si Jennifer!

No comments:

Post a Comment